Jakarta - Seragam pramugari Garuda Indonesia berbeda dengan seragam-seragam pramugari lainnya. Jika diperhatikan seragam pramugari Garuda ada yang berwarna biru, oranye, ungu dan hijau toska. Apa arti di balik warnanya?

Seragam pramugari Garuda tidaklah satu warna. Seragamnya memiliki berbagai warna yang menandakan jabatan atau peran seorang pramugari di dalam pesawat selama penerbangan.

Jani, salah satu pramugari Garuda mengungkapkan arti di balik warna-warna seragam pramugari yang biasa dia kenakan saat pertugas. Dia berujar, sudah banyak penumpang di dalam pesawat Garuda yang juga sering bertanya perihal tersebut.

"Jadi di dalam kabin ada tiga tingkatan atau jenjang karir. Pertama Pelaksana (junior dan senior), lalu Maitre d'cabin dan Purser atau Flight Service Manager," tuturnya dalam perbincangan dengan detikTravel, Rabu (11/2/2015).



Untuk Pelaksana, seragamnya berwarna hijau toska dan oranye. Pramugari dengan seragam ini adalah yang paling sering traveler lihat kalau terbang naik Garuda. Tugas mereka adalah melayani penumpang seperti menyediakan makanan dan sigap untuk membantu jika sewaktu-waktu ada permintaan dari penumpang.

"Tapi, warna hijau toska dan oranye bukan menandakan junior dan senior. Kami bebas boleh memilih mau memakai yang warna apa. Sebab dalam penerbangan Garuda, tidak ada 'anak baru' dan 'anak lama'. Semua punya tanggung jawab sama, dalam memberikan pelayanan dan keselamatan," ungkap Jani.



Kemudian Maitre d'cabin, warna seragam pramugarinya adalah ungu. Jani menjelaskan, posisi Maitre d'cabin merupakan posisi baru di dalam struktur awak kabin Garuda yang juga diluncurkan berbarengan dengan pelayanan Garuda Experience. Mereka ditempatkan untuk penugasan pesawat-pesawat yang ukurannya besar, seperti airbus dan Boeing 777.

"Kemudian Purser yang memakai seragam berwarna biru. Mereka jabatannya paling tinggi di Cabin Crew, serta menjadi jembatan antara pramugari dengan kapten pilot," kata Jani.

Jani memberi contoh, jikalau ada penumpang yang pingsan atau dalam kondisi kesehatan yang mencemaskan, maka Purser langsung memberi pemberitahuan kepada pilot. Dalam struktur kemanan, Purser ada di bawah dari jabatan pilot.

Bagi pramugari Garuda sendiri, mereka akan mengganti seragam ketika sudah naik jabatan atau dipindahkan ke bagian lain seperti dari Pelaksana ke Maitre d'cabin. Meski punya tugas masing-masing, tiap-tiap pramugari Garuda punya satu tujuan yang sama yakni memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang.  Sumber: travel.detik.com
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Agus Santoso © 2011 - 2021. All Rights Reserved
Top